SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1439 H

SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1439 H

Translate

Minggu, 24 Desember 2017

KALEIDOSKOP KEGIATAN DI SMPN 29 JAKARTA (BAGIAN 3) : BIDANG KURIKULUM

    Pada bagian ke 3 Kaleidoskop kegiatan di SMPN 29 Jakarta, Admin blog memposting kegiatan di Bidang Kurikulum. Bidang Kurikulum merupakan jantungnya seluruh aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah. Oleh karena itu dalam refleksi akhir tahun ini bisa dijadikan sebagai bagian evaluasi keterlaksanaan program-progam di bidang kurikulum.
Pelatihan Penilaian berbasis IT pada Guru SMPN 29 Jakarta

   Pada masa kepemimpinan Kepala Sekolah Ibu Dra.Lily Handasah banyak sekali terobosan-terobosan yang dilakukan, mengingat pengalaman beliau sebelumnya sebagai pengajar di SMPN 115 yang merupakan sekolah unggulan peringkat pertama di DKI Jakarta, dan sebagai Kepala Sekolah di SMPN 240 Jakarta. Diantara terobosan-terobosan itu antara lain program-program yang sebelumnya belum pernah atau tidak lagi di terapkan di SMPN 29 Jakarta, kembali dihidupkan lagi. Diantaranya adalah :
  1. Kegiatan Fokus Ujian Nasional atau Pendalaman Materi untuk kelas IX. Tahun ini adalah tahun kedua diadakannya kembali Pendalaman Materi, dan sudah dimulai sejak Awal bulan November tahun 2017 selangkah lebih mundur dibandingkan tahun lalu yang dimulai bulan Oktober 2016, karena terkendala padatnya jadwal KBM di SMPN 29 Jakarta yang tahun ini untuk kelas VII sudah memberlakukan Kurikulum 13 dengan frekuensi jumlah jam yang lebih padat (38 jam) dengan mensiasati kondisi waktu belajar 2 ship pagi dan siang dan jumlah ruangan belajar yang terbatas. Namun diadakannya kembali fokus UN selangkah lebih maju dibanding dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan pada saat KBM usai Ujian Sekolah. Dibawah ini adalah Tabel Peringkat UN terbaik tahun 2017.
  2. Pengayaan dan Klinik untuk 30 siswa dengan nilai terbaik dan 30 siswa dengan nilai terendah di kelas IX dengan tutor guru Mata pelajaran Ujian Nasional yang mendampingi dan membimbing secara khusus disesuaikan dengan waktu mengajar setelah jam belajar selesai.
  3. Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester Kelas IX dengan menggunakan komputer (Laptop) yang dibawa masing-masing siswa, bertujuan melatih dan membiasakan siswa mengerjakan soal-soal yang teruji integritasnya melalui jaringan komputer. Sedangkan siswa kelas VII dan VIII masih menggunakan paper test dalam melakukan evaluasi pembelajaran.
  4. Uji Coba Ujian Nasional Berbasis komputer baik yang sudah diprogram Kementrian Pendidikan seperti Simulasi UNBK 1, 2 dan Gladi bersih maupun Ujicoba Ujian Nasional berbasis komputer yang diprogram secara mandiri dengan menggunakan aplikasi lokal, ditambah Ujicoba Ujian Nasional berbasis Paper tes yang tetap dilakukan secara mandiri.
  5. Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester yang terjadwal serentak dengan soal-soal yang sudah dibuat seragam oleh masing-masing guru baik kelas VII, VIII dan IX selangkah lebih baik dibandingkan UTS tahun-tahun sebelumnya yang terintegrasi dalam UH 2 dan jadwalnya bergantung pada jadwal KBM Guru Mata Pelajaran masing-masing dengan soal yang berbeda sesuai gurunya.
      Rapat Penilaian Rapor Semester Ganjil Kelas VII,VIII dan IX
  6. Penilaian Iman dan Taqwa sebagai bagian dari evaluasi peningkatan kecerdasan spiritual siswa melalui kegiatan Imtaq yang terjadwal yang hasilnya dilaporkan dalam pembagian Laporan Hasil belajar di akhir semester. Program Baca Tulis Alqur'an pernah dilakukan 4 tahun lalu di SMPN 29 Jakarta, namun hanya diutamakan siswa kelas 7 dan fokus pada kemampuan Baca tulis Al Qur'an siswa saja. Namun Tahun ini program pembinaan Iman dan Taqwa diberikan untuk seluruh siswa baik kelas VII, VIII maupun Kelas IX, bukan hanya bisa membaca dan menulis Al Qur'an namun juga hafal beberapa surat pendek dalam Al Qura'an dan juga hafal bacaan doa-doa pendek yang ditargetkan sesuai dengan tingkatan Kelas. Untuk yang beragama Kristen juga disiapkan program hafalan doa sesuai dengan kajian agama itu, jadi tidak ada perlakuan yang berbeda.
  7. Sholat berjemaah untuk waktu Zhuhur dan Ashar, wajib bagi seluruh siswa dan setiap siswa memiliki buku agenda sholat yang diparaf oleh guru dan orang tua, demikian pula untuk sholat sunah dhuha dibuat terjadwal untuk kelas IX dan VIII pagi. Kegiatan ini sudah dilakukan tahun-tahun sebelumnya namun tidak terarsipkan seperti tahun ini.
  8. Kegiatan Tadarus setiap awal pembelajaran. Kegiatan ini pernah ada dan sempat terhenti namun dihidupkan kembali dengan waktu sekitar 10 menit di awal pembelajaran dipandu oleh Bapak/Ibu Guru melalui sentral dengan urutan surat dan ayat Al Qur'an yang berurutan, namun baru kelas pagi dan dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis.
  9. Kegiatan Literasi untuk seluruh siswa Kelas VII, VIII dan IX secara terjadwal dengan mengunjungi Perpustakaan sekolah ditambah kewajiban membaca satu buku diluar jadwal dengan membuat resume dan hasilnya disampaikan oleh Guru Bahasa Indonesia kepada Wali Kelas sebagai bagian Laporan Hasil Belajar siswa di akhir semester.
  10. Kegiatan Pembinaan Wali Kelas terjadwal untuk seluruh Kelas VII, VIII, dan IX. Kegiatan ini dilaksanakan diluar Jam mengajar Wali Kelas untuk membina den membimbing siswa baik dari segi kedisplinan, Ahlaq spiritual, Sosial dan Kepribadian, sekaligus menjadi wadah pendekatan Wali Kelas sebagai pengganti orang tua di Sekolah kepada anak didiknya. Di bawah ini adalah Foto Guru berprestasi dan Siswa berprestasi pada UNBK tahun 2017.
  11. Kegiatan Pembinaan oleh Guru BK. Tidak adanya jadwal Tatap muka di kelas menjadikan kegiatan ini menjadi sarana penting untuk guru BK mengenal dan sekaligus membaca kepribadian anak asuhnya serta menjadi kesempatan memecahkan permasalahan yang timbul pada peserta didik.
  12. Kegiatan Pembiasaan 6 S. Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahunnya, namun perbedaannya yang bertugas sebagai penyambut peserta didik bukan hanya pihak pimpinan, Guru ataupun karyawan namun juga perwakilan tiap kelas sebanyak 7 orang dan terjadwal dalam program pembiasaan.
   Kegiatan Pembiasaan 6 S di SMPN 29 Jakarta
     Point diatas adalah sebagian upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 29 Jakarta sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah. Pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada guru terutama IT juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di SMPN 29 Jakarta . Saat ini baik Guru, Karyawan maupun siswa diharapkan mampu menghadapi perkembangan zaman terutama kemajuan teknologi dibidang IT yang mau tidak mau dituntut untuk memiliki skill dan ketrampilan dibidang teknolgi Informatika (Komputer) karena saat ini semua sudah hampir serba digital termasuk pengentrian nilai KURTILAS yang langsung terkoneksi dengan Sistem aplikasi di Dapodik.
 Pelaksanaan Ujicoba Ujian Nasional menggunakan Ponsel
    Oleh karena itu Ulangan Harian Kelas IX dan UAS kelas IX dirancang menggunakan sistem berbasis Komputer dan Tim Kurikulum SMPN 29 Jakarta mendapat bantuan pengalaman dan ilmu dari SMPN 56 tentang teknis pembuatan soal-soalnya. Walaupun dalam pelaksanakan jaringan Wi-Fi sedikit menghambat pengerjaan soal dengan loading tersendat namun upaya UAS berbasis komputer merupakan suatu langkah yang berani untuk memperkuat integritas kejujuran siswa.
 Tim IT SMPN 29 Jakarta sharing dengan Tim IT SMPN 56 Jakarta
 Guru-Guru SMPN 29 dan 56 Jakarta setelah Sharing teknis soal UAS
   Tahun 2017 adalah tahun ke dua SMPN 29 Jakarta melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Walaupun Proktor dan Teknisi berasal dari SMPN 29 Jakarta sendiri, namun tahun ini pelaksanaan UNBK di awasi guru pengawas silang dari Sekolah-sekolah di Kebayoran Baru. UNBK sendiri berlansung selama 4 hari dan pelaksanaan di SMPN 29 Jakarta terbagi dalam dua sesi, sesi pertama pukul 07.30 - 09.30 WIB dan sesi kedua pukul 10.00 - 12.00 WIB. Jumlah Client yang digunakan 180 client ditambah 40 laptop dan PC cadangan dengan kekuatan 4 server 1 server cadangan. Alhamdulilah sampai pelaksanaan hari terakhir yang terpotong libur, Hari Senin kegiatan UNBK berjalan aman dan lancar tanpa terkendala yang berarti dan tentunya hasil yang sesuai harapan.
 Wali Kelas, Kepala Sekolah dan Peringkat terbaik UNBK SMPN 29 Jakarta tahun 2017
    Walaupun secara hasil akhir Nilai yang diperoleh siswa SMPN 29 Jakarta hanya sedikit lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, namun dari segi peringkat terutama di Kebayoran Baru ada peningkatan. Paling tidak SMPN 29 Jakarta yang berada pada posisi paling bawah diantara SMP Negeri di Kebayoran Baru pada hasil UN tahun 2016, tahun ini pada Tahun Pelajaran 2016/2017 ada peningkatan peringkat menggeser posisi SMPN 240 dan SMPN 250 dan mengembalikan posisi seperti semula. Hasil ini belum memuaskan, namun paling tidak bisa menjadi bahan refleksi untuk semakin mempertajam kemampuan siswa kelas IX melalui Ujicoba-ujicoba yang diprogramkan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar