SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1439 H

SELAMAT HARI RAYA IDHUL FITRI 1439 H

Translate

Minggu, 24 Desember 2017

KALEIDOSKOP KEGIATAN DI SMPN 29 JAKARTA (BAGIAN 2) : BIDANG KESISWAAN

    Pada bagian kedua Kaleidoskop ini merefleksi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kesiswaan selama tahun 2017. Sebagai bahan catatan akhir tahun prestasi yang diraih siswa SMPN 29 jakarta di bidang kesiswaan terutama kegiatan Ekstrakurikuler masih belum bergeser dari kegiatan Ekstrakuler Pencak Silat Merpati Putih yang berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu pada kejuaraan Pencak Silat se wilayah Jakarta Bogor, Tangerang, Bekasi (JABOTABEK) yang diadakan di bulan Desember ini. Dalam prestasi perorangan juga diraih medali perak tingkat Provinsi DKI Jakarta dalam kejuaraan Panahan. Sedangkan Ekstrakurikuler lain seperti Futsal, Basket maupun Voli baru sampai pada tingkat babak penyisihan. Untuk Taekwondo belum berhasil mengulang prestasi tahun lalu, demikian pula untuk paskibra dan pramuka masih berada pada hasil dibawah keberhasilan tahun sebelumnya.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2017
     Kegiatan kesiswaan diawali dengan Penerimaan Peserta Didik Baru yang alhamdulilah peminat yang masih memilih SMPN 29 Jakarta sebagai tujuan utama cukup banyak, sehingga banyak calon peserta didik yang tidak tertampung di SMPN 29 Jakarta yang tahun ini menerima daya tampung 8 rombongan belajar (Kelas) dengan kapasitas 36 peserta didik per kelasnya. Peserta didik yang lolos seleksi PPDB di SMPN 29 Jakarta langsung mengikuti Masa Orientasi Peserta Didik Baru yang tahun ini berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan dari Hari Senin sampai dengan Rabu (10 s/d 12 Juli 2017). Di akhir kegiatan MPLS ditutup dengan atraksi Kegiatan Ektrakurikuler yang ada di SMPN 29 Jakarta meliputi Pramuka, Paskibra, PMR, Pencak Silat Merpati Putih, Taekwondo, Jujitsu, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, English Club, Marawis dan Club Komputer. Kegiatan penutupan MPLS ini dilaksanakan di hari Kamis 13 Juli 2017 sekaligus sebagai wadah untuk promosi dan memperkenalkan kegiatan Ekstrakurikuler yang ada di SMPN 29 Jakarta dalam mencari dan menjaring peminat dari peserta didik baru kelas VII.
 Sholat berjemaah disela kegiatan LDKS
 Peserta LDKS serius menyimak materi dari nara sumber
 Pengarahan oleh Panitia LDKS
 Penyampaian Materi oleh Nara Sumber
    Kegiatan Kesiswaan yang kedua yang dilaksanakan pada bulan Nopember lalu adalah LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) yang bertujuan mencari calon-calon pemimpin pengurus OSIS yang sudah akan habis masa tugasnya di tahun 2017 ini. Kegiatan LDKS ini selain menjaring bakat-bakat pemimpin dan regenerasi pengurus OSIS juga melatih mental, disiplin peserta didik dengan memperkuat dan mempertebal rasa cinta pada tanah air. Kegiatan ini berlangsung satu hari penuh Sabtu 18 November 2017 mulai pukul 06.30 WIB sampai 17.00 WIB dengan mengambil tempat di SMPN 29 Jakarta. Kegiatan ini didukung oleh instruktur dari Group Orginizer dengan pengawasan guru-guru SMPN 29 Jakarta.
    Hasil dari LDKS terpilih 6 formatur yang selanjutnya diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye secara terbuka pada saat Upacara dan Apel dihadapan siswa kelas IX,VIII dan VII. Para calon formatur ini kemudian bertarung melalui pemilihan umum OSIS yang dilakukan secara terbuka di lapangan SMPN 29 Jakarta. Terbuka dalam arti setiap murid dan guru serta karyawan berhak memilih secara bebas calon yang menjadi pilihannya namun tertutup pemilihannya melalui bilik suara yang dibuat untuk menjaga kerahasiaan pemilihan.
 Pemilu OSIS diikuti juga oleh Bapak Ibu Guru
 5 siswa calon Ketua OSIS siap memaparkan programnya
    Dalam setiap event kegiatan kesiswaan tidak terlepas juga dari kontroling pembinaan iman dan taqwa seperti ketika saatnya waktu sholat tiba bagi yang beragama islam, maka calon-calon pengurus OSIS segera bersiap melaksanakan sholat berjemaah, demikian pula ketika MPLS jadwal yang disusun memasukkan sholat berjemaah Zhuhur dan Ashar dalam agenda kegiatannya. Sehingga pembinaan peserta didik tidak hanya memprioritaskan kecerdasan intelektual namun juga bertujuan menggapai kecerdasaan spiritual dan diharapkan siswa tidak hanya cerdas dalam ilmu dunia namun juga cerdas dalam ilmu religi.
    Untuk mencapai tujuan itu selaras dengan Visi dan Misi Sekolah, maka SMPN 29 Jakarta juga melaksanakan kegiatan keagamaan. Untuk Agama Islam di bulan Ramadhan Juni yang lalu dilaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan, baik untuk siswa Kelas VIII maupun siswa Kelas VII. Sedangkan agama Kristen menyelenggarakan Retret. Pada peringatan 1 Muharam (tahun baru Islam) SMPN 29 Jakarta menggalang donasi untuk anak Yatim Piatu yang dilanjutkan dengan Infaq untuk Kaum Duafa yang berasal dari keluarga besar siswa SMPN 29 Jakarta. SMPN 29 Jakarta juga menyelenggarakan kegiatan Isro Miraj Nabi Muhammad melalui kegiatan Ceramah yang dilakukan di Masjid Al-Ikhsan, Blok E Kebayoran Baru.
 Suasana Peringatan Maulid Nabi Muhammad di SMPN 29 Jakarta
 Hikmah Maulid Nabi Muhammad oleh Nara Sumber
 Drs.Tobroni memberikan Tausiahnya
 Kepala SMPN 29 Jakarta memberikan sambutan
 Penampilan Tim Marawis SMPN 29 Jakarta yang kompak
   Hari Senin, 11 Desember 2017 di lapangan SMPN 29 Jakarta juga dilaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mendatangkan Nara sumber dari luar. Seluruh kegiatan keagamaan ini diikuti semua siswa SMPN 29 Jakarta baik kelas VII, VIII maupun Kelas IX dan diikuti dengan penuh antusias dimana setiap siswa diminta membuat resume dari isi ceramah yang disampaikan oleh nara sumber yang hasilnya diserahkan ke Guru Agama masing-masing dan dikombinasikan juga dengan hasil kegiatan Iman dan Taqwa yang berjalan selama satu semester dan menargetkan siswa hafal surat-surat pendek dalam Alqur'an maupun bacaan doa-doa pendek. Hasil dari pembinaan Iman dan Taqwa ini dilaporkan sebagai pelengkap penyerahan Nilai Akademis berupa Laporan Hasil belajar siswa pada hari Jum'at, 22 Desember 2017.
   Kegiatan kesiswaan yang dilakukan setelah Ulangan Akhir Semester Ganjil dan PAS adalah Class Meeting mempertemukan kelas-kelas VII, VIII, dan IX dalam menunjukkan kemampuan skillnya di cabang Futsal dan Bola Basket. Kegiatan Class Meeting ini berlangsung mulai Hari Selasa 11 Desember 2017 setelah pelaksanaan Maulid Nabi dan Pemilu OSIS dan babak penyisihannya tertunda sampai Hari Jum'at 15 Desember 2017 dengan adanya himbauan dari Sudin Wilayah Jakarta Selatan 2. Kegiatan Class Meeting ini akan dilanjutkan lagi pada awal KBM Semester Genap Hari Senin-Selasa, atau 8-9 Januari 2018.


 Kaleidoskop Foto Kegiatan di SMPN 29 Jakarta
    Pentas seni dilaksanakan pada saat pembagian laporan Semester Ganjil pada hari Jum'at, 22 Desember 2017, dimana para siswa diberikan kesempatan menampilkan bakat-bakat seninya dan bisa disaksikan oleh orangtua yang mengambil Rapor di hari itu. Kegiatan Pentas seni ini juga bersamaan dengan kegiatan Bazar yang digagas sekolah pada saat pembagian rapor sehingga suasana pengambilan laporan Semester Ganjil oleh orang tua siswa berjalan meriah. Bazar menghadirkan barang-barang baikberupa makanan dan minuman yang diberdayakan dari seluruh warga SMPN 29 Jakarta, baik itu Guru, Karyawan, Orang tua siswa dan Keluarganya. Termasuk juga bazar menyediakan buku-buku latihan persiapan Ujian Nasional untuk peserta didik Kelas IX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar